Rabu, 04 April 2018

Menu

A.PHOTOSHOP

Adobe Photoshop adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS dan Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

B.SEJARAH PHOTOSHOP                          

Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Setelah tahun 1989, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

C.Salah satu manfaat photoshop

Manipulasi foto (mengganti background, manipulasi foto hitam putih menjadi foto berwarna atau sebaliknya, fantasi foto, make up foto, menghapus bagian foto, pencahayaan, menggelapkan, mempertajam foto mengganti wajah orang, dsb).
  •     Dapat membuat album (keluarga, pengantin, dsb).
  •     Dapat membuat spanduk, roll-baner dan media promosi lainnya.
  •     Dapat membuat animasi.
  •     Membuat berbagai macam efek (lukisan, api, angin, asap, hujan, salju, dsb).
  •     Membuat gambar tiga dimensi (3D).
  •     Membuat berbagai ornamen dengan mudah.
  •     Membuat manipulasi foto
  •     Dan masih banyak lagi



D.Perkembangan Photoshop dari masa ke masa

1.Photoshop 1.0
Pada tahun 1990 Photoshop versi 1.0 dirilis untuk digunakan secara luas setelah bergabung dengan Adobe System sehingga namanya berubah menjadi Adobe Photoshop. Walaupun tampilan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, akan tetapi tool yang disediakan sudah cukup banyak termasuk fitur shape, gradient, dll.

2.Photoshop 2.0
Pada tahun berikutnya Adobe Photoshop kembali merilis, yaitu photoshop 2.0 dan mulai digunakan codename, Codename untuk versi 2 ini yaitu Fast Eddy. Di versi ini, Photoshop sudah mulai menggunakan warna, bisa dilihat dari logo dan welcome splashnya yang sudah berwarna, bukan hitam putih lagi. Sedangkan untuk support OS, lembar kerja, dan tools masih sama dngan versi sebelumnya.

3.Photoshop 2.5
Pada November 1992, untuk pertamakalinya Adobe Photoshop dirilis untuk untuk dua OS yaitu Macintosh dengan codename Merlin dan Windows dengan codename Brimstone. Perubahan pada versi 2.5 ini antara lain pada Welcome Splash dan About screen yang selalu berubah dan juga telah mendukung 6 bit channel support. Toolbar dan workspacenya juga lebih rapi dari versi sebelumnya.

4.Photoshop 3.0
Pada September 1994 Photoshop versi 3.0 telah dirilis kembali dengan codename Tiger Mountain untuk Macintosh, sedangkan untuk Windows, IRIX dan SOLARISdirilis pada November 1994. Perubahan yang paling menonjol pada versi ini adalah adanya pallet warna dan juga layer. Untuk icon, Werlcome Splash, Toolbar dan Workspace tidak jauh berbeda.
 
5. Photoshop 4.0
Setelah dua tahun dari September 1994 - November 1996 Adobe baru kembali merilis Photoshop versi 4.0 yang diberi codename Big Electric Cat baik untuk Windows dan juga Mac. Photoshop versi 4.0 sudah tidak dirilis lagi untuk IRIX dan Solaris. Perbuahan yang menonjol pada photoshop versi ni yaitu, ada fitur Adjustment Layers dan Actions (macros). Dan ada juga perubahan lain seperti pada Welcome Splash dan Dodge Tool.

6.Photoshop 5.0
Photoshop 5.0 ini tidak jauh beda dengan 4.0 hanya fitur nya saja yang bertambah, berikut Fitur tambahan pada Photoshop 5.0 ini yaitu History Pallet, Color Management, dan Magnetic Lasso.

7.Photoshop 5.5
Photoshop 5.5. Di versi Photoshop 5.5 ini codename yang diberikan adalah Strange Cargo masih sama seperti sebelumnya. Tidak banyak perubahan tampilan yang terjadi di versi 5.5 ini. Perubahaan yang menonjol adalah ImageReady yang telah ditambahkan di Photoshop, Save for Web dan juga Extract.

8.Photoshop 6.0
Photoshop 6.0 yang dirilis pada bulan September tahun 2000 dengan codenamenya yaitu Venus in Furs. Ada juga fitur yang ditambahkan di dalam Photoshop 6.0 ini, seperti Vector Shapes, Liquify yaitu salah satu fitur di filter dan Layer Styles/Blending Options dialog.

9.Photoshop 7.0
Pada Maret 2002, Adobe kembali merilis Photoshop yaitu, Photoshop 7.0 dengan codename Liquid Sky. Berjalan di Windows, Macintosh oS “Classic” dan Macintosh OS X. Perubahannya yaitu dengan tampilan yang lebih segar, text fully vector, Healing brush dan painting engine yang baru.

10.Photoshop CS1
Photoshop CS yaitu singkatan dari (Creative Suite) dirilis pada Oktober 2003 dengan codename Dark Matter yang berjalan di Mac OS X dan Windows. Fitur yang ditambahkan adalah Camera RAW 2 x, Slice Tool, Shadow/Highlight, Lens Blur di menu Filter, dokumennyapun bisa sampai 300.000 pixel.

11.Photoshop CS2
Photoshop CS2 ini dirilis pada April 2005 untuk system operasi Mac OS X dan Windows 2000 / XP. Dilengkapi dengan fitur Camera RAW 3.x, Smart Objects, Image Warp, Spot healing brush, Red-Eye tool, Lens Correction filter, Smart Sharpen, Smart Guides, Vanishing Point, Peningkatan manajemen memori pada mesin PowerPC G5 Macintosh 64-bita yang menjalankan Mac OS X 10.4, Mendukung HDRI (High dynamic range imaging), Mendukung scripting JavaScriptdan bahasa lainnya, fitur "smudging", seperti misalnya "Scattering" Dan Memperbaiki seleksi layar, seperti kemampuan untuk memilih lebih dari satu layer.

12.Photoshop CS3
Photoshop CS3 ini dirilis pada April 2007 dengan codename Red Pill dengan tampila yang lebih elegant berbeda dari versi sebelumnya dengan lebih minimalis dan memperioritaskan workspace. Banyak fitur yang ditambahkan antara lain Quick Select tool, Auto Align, dll. Photoshop CS3 ini juga dapat diinstal di system operasi Universal Mac OS X, Windows XP SP2 atau lebih.

13.Photoshop CS4
Adobe Photoshop CS4 ini dirilis pada Oktober 2008. Fitur baru yang ditambahkan adalah supportAdobe bridge CS4, support Windows Vista x64, Masks panel, Adjustment panel dll. Dengan Codename Stonehenge.

14.Photoshop CS5
Photoshop CS5 dirilis pada April 2010 dengan codename White Rabbit. Perubahan yang dilakukan pada Photoshop CS 5 ini tidak lah banyak, hanya ada beberapa, diantaranya yaitu, tampilan icon, Welcome Splash, Toolbar dan Workspace.
   
15.Photoshop CS6
Pada Mei 2012, Adobe Photosop kembali merilis yaitu Photoshop CS6 dengan codename Supersition. Banyak sekali penambahan pada versi ini, diantaranya Blur gallery, Adobe Camera RAW 7, didukung oleh Adobe Mercury Graphics Engine, New crop tool, dan Auto-Recovery dll.

16.Photoshop CC
Pada bulan Juni 2015, Adobe kembali memperkenalkan produk mereka yang baru yang bernama Adobe Photoshop CC (Creative Cloud). Sekilas, dari tampilannya, Adobe Photoshop CC memiliki kemiripan 'wajah' dengan Adobe CS6. Dengan balutan warna abu-abu tua dan penempatan tombol-tombolnya juga masih sama seperti versi sebelumnya. Namun, apabila coba digali lebih dalam, beberapa fitur baru tersebut yang dibawa oleh photoshop CC (Creative Cloud) ini salah satunya adalah fitur Shake Reduction, Blur Trace Bounds, Smoothing dan Artifact Suppression, Camera Raw dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Galley Editing Photoshop

GALLERY PHOTOSHOP